Hubungi kami:


(0285) 423223

(0285) 423223-303

Pemkot Pekalongan adakan Bimtek Penginputan Usulan Musrenbang Kelurahan, Musrenbang Kecamatan dan Usulan Pokir DPRD pada Aplikasi SIPD-RI

31-01-2023 17:24:47

Pemerintah Kota Pekalongan melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPPEDA) mengadakan acara Bimtek Penginputan Usulan Musrenbang Kelurahan, Musrenbang Kecamatan dan Usulan Pokok Pikiran (Pokir) DPRD pada Aplikasi SIPD-RI, Senin (30/1/2023). Acara dihadiri oleh Perwakilan dari Sekretariat DPRD, Perwakilan dari seluruh Kecamatan dan Kelurahan serta dari internal bappeda.

Bertempat di Ruang Rekon Kantor BPKAD Lantai 3, acara dibuka langsung oleh Kepala Bappeda, Cayekti Widigdo, AP., M.Si. Kepala Bappeda menyampaikan bahwa acara Bimtek yang biasanya diselenggarakan sebelum acara Musrenbang Kelurahan, tahun ini diselenggarakan setelah acara Musrenbang Kelurahan, dikarenakan adanya penyesuaian sistem dari tingkat pusat. Kepala Bappeda juga menyampaikan, bahwa setelah acara Bimtek ini, Kelurahan dan Sekretariat Dewan (Setwan) sudah dapat melakukan input usulan pada aplikasi SIPD-RI, yang mana selanjutnya usulan akan diteruskan ke Mitra Bappeda untuk di verifikasi.

Selanjutnya Sekretaris Bappeda, Ujianto Purwanto, S.SiT., M.Si. memberikan pengantar terkait dengan alur proses input sampai dengan verifikasi usulan musrenbang, pemberian kode pada usulan, dan pembagian porsi usulan sesuai dengan petunjuk teknis (juknis) yang sudah ditetapkan.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi teknis oleh Kepala Bidang PPEPD Bappeda, Adi Usnan, S.E. yang diikuti dengan praktek langsung oleh para peserta. Seluruh peserta diminta untuk membuka aplikasi SIPD-RI yang digunakan sebagai portal untuk penginputan usulan, dan langsung praktek menginput usulan pada kelurahan dan kecamatan masing-masing. Acara ditutup dengan Diskusi dan tanya jawab.

-DSA